4 Strategi Jitu Pemasaran Untuk Studi Kelayakan

Advertisements

studi kelayakan

Salah satu bagian terpenting dalam sebuah bisnis adalah marketing atau pemasaran. Melalui upaya ini bisnis, brand dan pelayanan yang kamu berikan akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Jadi, tidak heran jika dalam studi kelayakan, marketing memiliki pos tersendiri yang harus dianalisis.

Melakukan marketing yang baik tidaklah sulit namun dibutuhkan upaya ekstra dalam pengerjaannya. Karena, dengan perkembangan teknologi memberikan berbagai peluang marketing yang besar. Oleh karena itu, pemasaran baik secara online ataupun offline harus dilakukan agar bisa memberikan efek yang besar.

Studi Kelayakan Bisnis: Strategi Jitu Pemasaran

Pengembangan bisnis dengan pemasaran bisa kamu lakukan dengan baik asalkan memiliki strategi yang tepat. Setidaknya terdapat 5 hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Leading Market

Cara paling mudah dan paling cepat dalam pemasaran adalah memiliki market share yang besar. Artinya kamu memiliki tingkat penguasaan pasar paling dominan di suatu wilayah. Memiliki market share ini tidak sulit namun membutuhkan usaha dan modal.

Menjadi leading market yang paling baik adalah dengan meningkatkan profit dan laba perusahaan. Kamu juga bisa mencari peluang baru yang tidak banyak digunakan bisnis lain sehingga dapat berkembang dengan cepat. Cara lainnya adalah mengakuisis perusahaan lain di lini yang sama sehingga market share yang mereka miliki dapat dikuasi.

2. Meminimalisir Kompetisi

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan meminimalisir kompetisi atau tingkat persaingan. Mengapa? Jika semakin rendah persaingan maka peluang kamu untuk mendapatkan market share akan semakin besar pula. Akibatnya, produk dan jasa yang diberikan akan lebih mudah dikenal masyarakat.

Kemudian, masyarakat akan banyak memakai produk serta jasa yang kamu tawarkan. Jika hal ini berjalan secara rutin maka penjualan dan keuntungan akan meningkat pesat. Meminimalisir kompetisi bisa juga dengan melakukan promosi besar-besaran atau dengan kata lain start duluan.

Baca Juga  Pelajaran Bisnis Dari Insiden Robeknya Sepatu Nike Pebasket Zion Williamson

Semakin cepat kamu bergerak dan produk dikenal masyarakat. Maka, para pesaing akan tertinggal jauh. Jadi, produk dengan brand yang kamu miliki akan menguasai pasar dengan mudahnya.

3. Meningkatkan Prestige Produk atau Jasa

Studi kelayakan juga meyakini bahwa produk dan jasa dari setiap perusahaan memiliki kelasnya tersendiri. Kelas ini menjadi brand tersendiri bagi customer. Setidaknya produk dan jasa yang berkelas memiliki kriteria yang sederhana yaitu berkualitas, terjangkau atau sepadan dengan harga yang ditawarkan dan menjawab kebutuhan customer.

Selain kualitas produk, kamu juga harus melakukan promosi agar bisa menarik minat dan perhatian para calon customer. Melalui cara yang sama juga kamu bisa mencari customer loyal untuk kepentingan promosi berikutnya.

4. Pemenuhan Harapan Customer dan Stakeholder

Sebuah produk dan jasa yang baik haruslah bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh customer ataupun stakeholder. Karena dengan demikian, produk kamu dijamin akan dicari banyak orang, digunakan bahkan untuk waktu yang lama.

Jika kamu pemain baru di sebuah produk dan jasa, sehingga pesaing rendah lalu diikuti dengan kualitas yang tinggi maka customer dan stakeholder akan memakai semua produk maupun jasa dari brand yang kamu miliki. Tentu untuk membuat produk dengan kualifikasi demikian harus melalui research and development sehingga produk serta jasa ini terbukti dibutuhkan sehingga permintaannya akan tinggi di pasar.

Pemasaran yang baik bisa kamu lakukan dengan cara di atas. Namun, setiap cara membutuhkan waktu dan usaha dalam memperolehnya. Tetapi, ketika kamu bisa menjadi lead market maka profit yang diperoleh akan meningkat luas dan studi kelayakan akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This