4 Cara Untuk Mengasah Kreativitas dan Inovasi Dalam Perusahaan


0
Spread the love
Sumber: CMO.com

Grapadinews.co.id – Pemimpin ialah orang yang mengatasi seluruh karyawan. Ia memiliki tanggung jawab penuh untuk mengatur dan mengelola setiap aspek dalam perusahaan. Namun demikian, dalam beberapa kasus leader menyerahkan seluruhnya kepada pegawai tanpa adanya kontrol penuh, sehingga terkadang terjadi kesalahpahaman dan kemacetan dalam proses bisnis.

Menurut konsep ekonomi dan bisnis, pemimpin bukan hanya sekadar memerintah dan menyerahkan tugas. Mereka juga harus membantu dan mengerjakan bersama dengan karyawan untuk terciptanya suatu tujuan. Ketika ada sinergi antara atasan dan bawahan, maka batas tidak lagi menjadi penghalang. Dengan demikian, semuanya turut berpartisipasi dalam penyampaian serta pengembangan ide dan gagasan.

Secara bersamaan, usaha adalah sesuatu yang membutuhkan inovasi secara terus menerus mengingat kebutuhan masyarakat yang beragam, perubahan kehidupan dan perkembangan zaman. Inilah sebabnya muncul pertanyaan, bagaimana Anda menginspirasi orang untuk membuka pikiran mereka agar lebih kreatif?

Tujuan dari peningkatan kreativitas yakni mencapai hasil terbaik. Perubahan juga tidak melulu tentang teknologi dan online. Anda bisa berinovasi sesuai dengan ide dan gagasan atau bahkan mencoba metode terbaru. Untuk membentuk pribadi dan tim yang kreatif, Grapadinews telah merangkum 4 tips berikut ini!

Menggabungkan beberapa tim

Sumber: shutterstock.com

Salah satu sistem manajemen dalam perusahaan adalah mengelompokkan karyawan dalam beberapa tim. Masing-masing grup memiliki tugas yang berbeda. Sementara itu, karyawan dalam satu kelompok juga biasanya memiliki latar belakang pendidikan serta keahlian yang sama. Tujuan dari metode ini yaitu untuk mempermudah pembagian task dan pengelolaan SDM.

AkanĀ  tetapi, bentuk ini juga memiliki kelemahan yaitu munculnya batas antar tim. Mereka hanya bisa menangani tugas dalam kelompok saja. Model demikian menciptakan SDM yang kurang peduli, ketidak tangakasan hingga pemikiran sempit.

Kreativitas datang dari pola pikir luas dan tidak memandang satu dengan lainnya. Pendekatan antar tim dapat dilakukan melalui cara ringan terlebih dahulu, misal merencanakan jamuan, rekreasi, hingga meeting santai di luar jam kantor. Langkah ini kemudian bisa dilanjutkan pada pertemuan berikutnya hingga membahas masalah serius. Ide terbaik datang dari kolaborasi yang saling bersinergi.

Baca juga: Ciptakan Kesehatan Karyawan Pada Perusahaan Kecil

Berkegiatan di luar ruangan

Sumber: Dailyhive.com

Tahukah Anda bila aktivitas di luar ruangan dapat menurunkan tingkat stres? Pekerjaan menumpuk, ruang tertutup hingga segala hambatan dalam tugas terkadang memicu seseorang enggan untuk melanjutkan kegiatan. Berdiam diri atau tidur menjadi solusi bila pikiran sudah berada di titik stuck. Apabila demikian, kreativitas tidak akan berkembang.

Sementara itu, bekerja tidak hanya dituntut menyelesaikan tugas melainkan juga berpikir guna mengembangkan bisnis. Dalam hal ini ada baiknya meluangkan waktu sejenak untuk berkegiatan di luar ruangan. Rencanakan aktivitas menyenangkan bersama tim untuk sekadar bermain golf, rekreasi bersama, balap go-cart hingga berbincang ringan di kafe.

Mengajak grup untul terlibat dalam lingungan baru dapat membangun hubungan dan menginspirasi. Komponen ini penting dalam pembentukan ide serta gagasan. Di sis lain juga memicu adanya interaksi satu sama lainn, sehingga membuka pikiran terhadap kemungkinan-kemungkinan.

Bereksperimen

Sumber: bogatiurns.com

Produk digital merupakan hasil pemikiran dan perencanaan matang. Dalam prosesnya, para ahli menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan kreativitas. Tidak langsung menciptakan barang yang sempurna, melainkan perlu dikembangkan dengan melakukan berbagai eksperimen hingga kemudian diluncurkan kepada publik.

Proses inilah yang juga perlu diaplikasikan kepada perusahaan. Masing-masing orang sebenarnya memiliki ide dan mereka berhak untuk mengajukannya. Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda mengumpulkan semua tim, lantas mendiskusikan gagasan mana yang menarik.

Di samping itu, perlu juga menerapkan sebuah metode baru yakni dengan memberikan buku catatan kepada masing-masing karyawan. Biarkan mereka menghabiskan waktu untuk berpikir, menulis, membuat sketsa atau bahkan diagram. Cara ini memaksa agar lebih berpikir kreatif melalui sudut pandang masing-masing.

Kenalkan terhadap risiko

Sumber: CIO.com

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya bila keberhasilan berawal dari kegagalan. Eksperimen dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan hasil terbaik. Bisnis adalah bidang yang dilakoni dengan kegigihan meski hambatan terus ada. Sementara itu, manusia tidak dapat menafsirkan apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk risiko itu sendiri.

Maka sebagai pemimpin perlu mendorong tim untuk mengambil risiko agar menjadi kreatif. Dari kesalahan itulah akan memicu seseorang untuk berpikir dalam mencari solusi. Salah satu cara yang dapat diaplikasikan yakni menerima proyek sampingan.

Mungkin di awal mengalami kegagalan, tetapi itu akan berubah menjadi ide besar berikutnya. Apabila dalam prosesnya memang menghadapi sesuatu sulit, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan bahwa itu akan membahayakan seluruh operasi. Justru langkah tersebut memicu tim untuk mengembangkan pikiran.

Orang yang sukses dan kreatif adalah yang mau menghadapi risiko. Mereka mencoba terus menerus meskipun mengalami kegagalan bahkan belajar dari kesalahan. Sementara bisnis adalah bidang yang menggabungkan berbagai elemen mulai dari pengetahuan, kreativitas dan kegigihan, maka Anda juga perlu pendampingan dari konsultan bisnis.

Grapadi Consultant didirikan sejak 26 tahun lalu. Berpegang teguh pada kode etik ekonomi dan bisnis, perusahaan telah dipercaya oleh berbagai perusahaan BUMN maupun swasta dalam maupun luar negeri. Bersama Grapadi, jadikan usaha berkembang dari waktu ke waktu.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals