4 Cara Sederhana Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes CPNS

Advertisements

tes cpns

Tes CPNS tinggal sebentar lagi. Berdasarkan data dari pemerintah Indonesia, tes ini akan dimulai pada awal bulan September sampai Oktober. Oleh karena itu, Anda yang ingin lulus dari tes tersebut harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Karena dengan persiapan yang matang, Anda akan siap menghadapi berbagai kendala dan soal yang muncul pada tes tersebut. Selain itu, hal ini akan membuat Andal lebih percaya diri dan tenang sehingga dapat menghadapi tes tersebut dengan baik.

Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes CPNS

Jika Anda ingin lulus dari tes calon pegawai negeri sipil tersebut maka pastikan Anda telah melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini sebenarnya sangat banyak. Namun, beberapa persiapan sederhana di bawah ini akan membantu Anda dalam menghadapi tes tersebut.

1. Belajar Semua Komponen Tes CPNS

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah belajar dan pastinya belajar terkait tes CPNS. Sampai saat ini tes awal yang dikenal sebagai SKD (seleksi kompetensi dasar) terbagi ke dalam tiga bagian yaitu TIU (tes intelegensia umum), TWK (tes wawasan kebangsaan) dan TKP (tes karakteristik pribadi).

Tes dasar ini harus Anda persiapkan dengan baik karena kebanyakan peserta gugur pada tahapan tersebut. Setiap bagian tes pastinya berbeda namun TIU dan TWK bisa Anda pelajari dengan baik melalui buku atau secara online. Masalah utamanya terdapat pada TKP karena isinya berupa pernyataan terbaik yang harus Anda pilih.

Terlebih pilihannya cukup mirip sehingga banyak orang bingung memilih yang paling tepat. Oleh karena itu, untuk membiasakan diri dengan TKP pastikan Anda banyak berlatih dan bertanya kepada teman atau senior yang sudah melewati tahap tersebut.

Baca Juga  4 Aspek Kelayakan Teknis Pada Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

2. Ikut Grup Khusus

Cara lain yang bisa Anda ikuti adalah dengan ikut grup khusus peserta CPNS pada masing-masing instansi. Saat ini grup tersebut banyak tersedia dan pada umumnya memakai Telegram. Pada grup tersebut sering diberikan informasi tes CPNS, share materi, pendapat dan lainnya. Hal ini sangat bermanfaat karena memudahkan Anda untuk memperoleh informasi terkait dengan mudah.

3. Ikuti Tes Online yang diberikan

Pada grup tersebut biasanya ada orang yang memberikan contoh tes online berdasarkan soal-soal SKD lalu atau terkini namun relevan dengan kebutuhan saat ini. Tes ini sangat baik diikuti karena membiasakan Anda dengan jenis soal tersebut sekaligus mengetahui tingkat pengetahuan masing-masing.

Melalui soal itu, Anda juga bisa belajar dan memperdalam ilmu terkait TIU, TWK dan TKP dengan lebih baik.

4. Minta Restu

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah meminta restu dan maaf dari orang tua. Jika semua persiapan yang ada telah dilakukan dengan baik maka doa adalah pelengkap yang sempurna dan doa orang tua sangat manjur. Karena bisa jadi kesuksesan dan kelulusan yang Anda peroleh merupakan hasil doa orang tua masing-masing yang tidak pernah terputus.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mempersiapkan diri Anda dalam menghadapi tes CPNS. Selain itu, pastikan Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi. Karena dengan semua persiapan tersebut maka Anda dapat menghadapi tes tersebut dengan sempurna.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This