4 Cara Mudah Mengenal Hubungan Toxic

Advertisements

hubungan toxic

Hubungan toxic merupakan jalinan hubungan dengan pasangan yang memberikan lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif. Hubungan jenis ini biasa atau umum terjadi pada pasangan manapun. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa hubungan yang dijalani sebenarnya tidaklah baik. Inilah salah satu alasan mengapa “cinta itu buta”.

Hubungan seperti ini akan memberikan banyak masalah dan beban pikiran daripada yang dapat Anda bayangkan. Oleh karena itu, pastikan Anda terhindar dari hubungan jenis ini karena tidak baik buat kesehatan fisik dan mental.

Beberapa Cara Mengetahui Hubungan Toxic

Mengetahui hubungan yang beracun seperti sebenarnya tidaklah sulit. Terutama bagi orang lain yang melihat hubungan orang lain. Namun, lain ceritanya jika Anda sendiri yang mengalaminya. Karena setiap keburukan dan tipu muslihat yang jelas-jelas terlihat justru tertutup oleh kabut cinta, atau istilah saat ini disebut bucin (budak cinta).

Walaupun demikian, Anda bisa mengenal hubungan toxic ini dari beberapa kriteria yang ada dibawah ini. Mungkin Anda tidak bisa langsung menyadarinya. Namun, dari kriteria yang ada Anda bisa wanti-wanti atau setidaknya lebih waspada. Adapun beberapa cara mengetahui hubungan tidak baik tersebut adalah:

1. Menguras Banyak Uang

Zaman sekarang sangat sulit menemukan pasangan yang mau menerima diri Anda “apa adanya”. Biasanya orang-orang mau menjalin hubungan jika Anda “ada apanya”. Artinya Anda harus memiliki sesuatu yang dibanggakan. Jika prestasi dan kepintaran maka hal ini masih baik. Namun, jika semata-mata materi maka Anda harus berhati-hati.

Jangan Anda terjebak menjalin hubungan dengan seseorang yang tujuannya hanya memanfaatkan uang atau harta Anda. Contohnya saja selalu mengajak makan di resto mahal, atau yang paling parah sering pinjam uang. Terlebih sampai memaksa atau mengancam akan putus atau mengatakan Anda tidak mendukung kepentingannya.

Baca Juga  Tips agar si Dia Menerima Cinta Kamu

Karena pasangan seperti ini cenderung hanya ingin memanfaatkan Anda. Jika pasangan Anda mulai minjam uang maka berhati-hatilah. Beri sekali lalu tunggu apakah dia membayar kembali atau tidak. Jangan berpikir hanya sedikit karena jika sering maka yang sedikit akan menjadi banyak pada akhirnya.

2. Menguras Banyak Pikiran

Cara kedua untuk mengetahui Anda sedang menjalani hubungan toxic adalah dari banyaknya waktu dan pikiran untuk mengurus pasangan tersebut. Memikirkan si dia tidaklah salah, apalagi ingin menyenangkannya. Namun, jika pasangan tersebut membuat Anda hanya fokus pada dirinya saja, maka hal ini menjadi masalah.

Karena bagaimanapun juga Anda butuh waktu, tenaga dan pikiran untuk mengurus hal lain seperti pekerjaan, saudara, orangtua, teman bahkan diri sendiri. Pasangan yang baik adalah yang mendukung setiap kegiatan positif yang Anda lakukan, walaupun sedang menjalankan hubungan jarak jauh.

Advertisements

3. Posesif Berlebihan

Cara lainnya adalah dari sifat posesif pasangan. Sifat ini sebenarnya tidak salah karena menunjukkan perhatian dan kepedulian pasangan pada Anda. Namun, sifat posesif yang berlebihan justru akan menjadi bumerang sendiri. Karena Anda dilarang untuk melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan lawan jenis.

Padahal sebagai makhluk sosial hal ini tentu tidak terelakkan sehingga melarang kegiatan Anda sama saja melarang Anda untuk tidak bergaul dengan orang lain. Hal ini tentu tidak baik karena Anda bisa menemukan berbagai skill, link dan jalinan pertemanan yang baik terlepas dari gender, usia dan lainnya.

4. Mengganggu Privasi

Cara mengetahui hubungan toxic lainnya adalah dari privasi Anda sendiri. Anda tentu punya masalah, kebiasaan atau kesukaan tersendiri yang dianggap sangat privasi. Anda bisa memberitahukan hal tersebut kepada pasangan jika Anda merasa nyaman. Ada kalanya pasangan memberi masukan atau larangan pada privasi tersebut, tapi perubahan ini bergantung pada Anda.

Baca Juga  Ciri-Ciri Pasangan Mencintai Anda Saat Masa Pandemik

Untuk beberapa hal privasi yang sifatnya “saklek”, maka pasangan Anda harus menghormati hal tersebut. Karena bagaimanapun juga hal privasi tersebut adalah hak Anda dan orang lain tidak sepantasnya mencampuri hal tersebut dengan mudah.

Nah, itulah 4 cara mudah untuk mengenal hubungan toxic tersebut. Cara ini tidaklah mutlak, karena Anda bisa memakai berbagai cara lain yang dianggap sesuai. Namun, dengan mengetahui hal ini Anda bisa mencegah diri dari hubungan yang tidak sehat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This