3 Keahlian Dasar Jasa Konsultan Statistik

Advertisements

jasa konsultan statistik

Jasa konsultan statistik sangatlah penting untuk kehidupan sekarang ini. Mengapa? Karena banyak institusi baik swasta, pemerintahan bahkan mahasiswa membutuhkan jasa para ahli ini. Oleh karena itu, peran pakar statistik ini akan semakin dibutuhkan karena akan banyak perkembangan dimasyarakat yang membutuhkan jasa ini.

Mungkin Anda ingin menjadi seorang pakar statistik setelah membaca artikel ini. Karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa jasa ini akan semakin dibutuhkan bahkan untuk beberapa tahun ke depan. Akan tetapi, menjadi seorang ahli statistik tidaklah mudah. Karena dibutuhkan keahlian khusus serta pengalaman agar Anda bisa melakukan berbagai perhitungan statistik dengan baik dan benar.

Namun, hal yang paling penting adalah Anda harus bisa melakukan perhitungan matematika dengan baik. Karena dasar dari statistika adalah matematika itu sendiri.

Beberapa Keahlian Dasar Jasa Konsultan Statistik

Menjadi seorang penyedia jasa konsultan statistik tidak mudah namun dapat dilakukan. Siapa saja dengan passion dapat menjadi konsultan statistik. Namun, untuk dapat menjadi pakar statistik setidaknya Anda harus memiliki tiga keahlian dasar yang utama, yaitu:

1. Mencari Data

Keahlian pertama yang harus dimiliki seorang konsultan statistik adalah menemukan set data yang dibutuhkan dengan tepat. Hal ini mungkin dianggap sepele, padahal mencari data yang sesuai tidaklah mudah. Karena, data yang ada terdiri dari dua jenis yaitu primer dan sekunder. Data primer biasanya yang dicari sendiri bisa dari wawancara, kuesioner dan lainnya. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari sumber lain.

Data primer diperoleh melalui serangkaian pertanyaan yang diperkirakan valid dengan suatu penelitian. Sedangkan data sekunder cenderung lebih mudah diperoleh. Namun, Anda tidak bisa asal download dan pakai semua datanya. Setidaknya data mentah yang ada harus disortir terlebih dahulu.

Baca Juga  Analisis Kebutuhan Rumah Sakit di Tengah Pandemi Covid-19, Mampukah Pemerintah Siapkan Tempat Tidur Rumah Sakit?

2. Jasa Konsultan Statistik Harus Bisa Mengolah Data

Setelah memiliki keahlian dalam mencari data yang baik. Maka, skill berikutnya yang harus dimiliki adalah pengolahan data. Perlu dipahami bahwa software pengolahan data sangat banyak dan setiap software ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Advertisements

Menguasai satu software pengolah data saja membutuhkan banyak waktu dan latihan. Sedangkan untuk menjadi konsultan statistik yang handal Anda setidaknya harus menguasai 2-3 software pengolah data tersebut. Belum lagi cara pengoperasiannya, solusi yang diperlukan jika terjadi error, data yang tidak sesuai dan lainnya.

3. Interpretasi Hasil

Setelah bisa mengolah data dengan satu atau beberapa software, maka skill berikutnya yang harus dimiliki adalah menginterpretasikan hasilnya. Hasil olahan data tidak ada yang diberikan beserta dengan cara membacanya. Namun, terdapat buku panduan bahkan jurnal penelitian yang dapat membantu Anda untuk memahami hasil olahan data tersebut.

Setelah hasilnya diinterpretasikan, Anda juga harus bisa menuangkannya dalam tulisan dengan baik sekaligus mempresentasikannya kepada klien dengan baik. Anda bisa memakai media seperti PPT, gambar dan lainnya. Namun, hal yang paling penting dalam interpretasi hasil adalah penjelasan lisan dari Anda sendiri sehingga klien dapat memahami Anda dengan baik.

Itulah 3 keahlian dasar jasa konsultan statistik yang perlu untuk Anda ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi keahlian yang harus dimiliki konsultan statistik. Namun, 3 skill di atas merupakan hal yang paling utama.

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This