3 Cara Hindari Kesalahan Dalam Strategi Marketing


0
Spread the love
Sumber: tis.co.uk

Grapadinews.co.id – Memulai bisnis baru memang menyenangkan. Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus sebagai cara untuk menghasilkan keuntungan berlebih. Namun demikian, sebelum memulainya harus melalui proses matang termasuk bagaimana caranya memberikan produk terbaik kepada konsumen, packaging menarik, hingga langkah untuk mengundang perhatian calon pelanggan.

Semua aspek harus benar-benar diperhatikan agar bisnis dapat berkembang seperti yang diinginkan. Salah satu poin menarik sekaligus menantang yaitu strategi marketing. Ialah memainkan peran penting yang menentukan keberhasilan perusahaan. Kini, kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan secara door to door, lebih praktisnya memanfaatkan media sosial atau internet untuk memasarkan secara gratis dengan cepat, tepat sasaran dan tersebar luas.

Kendati demikian, marketing bukanlah hal yang mudah. Semuanya dibutuhkan strategi dan perencanaan matang agar menarik dan dicari oleh konsumen. Sebagian besar dari mereka sering berpikir terlalu jauh ke depan. Meskipun rencana jangka panjang itu penting, namun meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan konsep pemasaran yang hendak dilakukan justru akan berdampak baik untuk masa depan perusahaan.

Maka dari itu, biasanya beberapa justru membuat kesalahan-kesalahan umum pada sistem pemasaran sehingga produk tidak tersampaikan dengan baik kepada calon konsumen. Lalu, bagaimana sih untuk menghindarinya?

Kelola situs web untuk pemasaran

Sumber: udemy.com

Di era serba digital ini, kurang lengkap rasanya bila tidak memanfaatkan teknologi. Memasarkan produk secara manual hanya akan menguras tenaga dan biaya. Sementara teknologi menawarkan cara terbaik dan hemat segalanya. Oleh sebab itu kini yang Anda butuhkan adalah stius web untuk mengunggah seluruh produk atau jasa, sehingga akan mudah diketahui oleh calon konsumen.

Namun demikian, salah satu kesalahan umum yang biasanya dibuat yaitu terlalu tergesa-gesa dalam membuat situs. Padahal semestinya sebelum semua itu terealisasi, Anda harus membuat konsep terbaik yang memungkinkan calon pelanggan tertarik. Misalnya dari pemilihan tema, kategori, tata letak, dan lain sebagainya.

Pastikan cantumkan kontak pada situs

Sumber: shutterstock.com

Website dinilai sebagai langkah marketing paling ampuh dalam menarik konsumen. Dengan mengunggah beragam produk atau jasa di laman situs, maka akan dengan mudah calon pelanggan mengetahui, memilih hingga membeli. Dukungan teknologi memang menjadikan segala sesuatunya mudah.

Namun, para pemilik bisnis baru kerap kali melupakan aspek penting dari situs mereka. Tidak masalah bila membuat laman Coming Soon atau produk-produk yang akan diluncurkan berikutnya. Dengan demikian justru membuat calon konsumen mengetahui terlebih dahulu dan mengambil langkah ancang-ancang untuk mendapatkan produk akan datang. Akan tetapi, untuk semakin memudahkan mereka, Anda harus membuat mereka mudah menghubungi customer service atau admin.

Ada banyak situs gratis dan premium yang memudahkan para pebisnis mengunggah produk. Pengelolaannya pun bebas dan fleksibel tergantung dari keinginan pemilik usaha. Tambahkan laman kontak khusus untuk para pelanggan, sehingga mereka dapat mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan. Anda juga memanfaatkan ini sebagai kesempartan untuk menemukan keluhan, kritik atau saran dari customer. Itulah yang nantinya berguna untuk meningkatkan perusahaan.

Halaman kontak haruslah dibuat sejelas mungkin dengan mencantumkan alamat outlet atau kantor, nomor telepon, hingga email. Strategi ini juga dapat membuka pintu untuk melakukan pemasaran secara online, seperti melalui surat elektronik. Mudah, bukan?

Tak perlu takut bereksperimen

Sumber: mandmglobal.com

Perasaan takut atau bimbang seringkali membuat seseorang enggan untuk melangkah lebih jauh. Padahal dengan bereksperimen dan menyingkirkan perasaan itu justru bisa membuat Anda mengetahui letak kesalahan, bagaimana memperbaiki dan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Ketika usah meluncurkan situs web kepada calon konsumen dengan pasar yang luas, seringkali sudah merasa seolah-olah paling benar. Namun di sinilah patut dipahami bahwa sebelum itu harus ada proses survey, entah mengenai produk/jasa atau bahkan bagaimana situs yang membuat mereka tertarik serta nyaman.

Anda bisa melakukan survey melalui email atau quisioner secara langsung tentang produk/jasa apa yang sebenarnya mereka butuh dan inginkan. Kemudian tampilan situs seperti bagaimana yang sekiranya memudahkan untuk melihat-lihat produk/jasa, memesan hingga proses transaksi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui selera pasar. Belajar dari situs dan pemasaran yang sudah ada juga merupakan salah satunya.

Intinya, pengelola bisnis harus melihat banyak hal di luaran sana termasuk kompetitor sebagai referensi. Kegiatan tersebut juga memudahkan untuk mengetahui respon pelanggan, sehingga pemilik tahu langkah apa yang harus diambil.

Strategi marketing sama halnya dengan konsep strategi bisnis, yang mana semua itu perlu dipikirkan secara matang dan melibatkan beberapa personil dalam usaha. Dengan perencanaan yang begitu detail akan memberikan kesuksesan di masa yang akan datang.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals