10 Tips Kelola Keuangan Pribadi Secara Efektif Untuk Masa Depan Bahagia


0
Spread the love
Sumber: blog.cicil.co.id

Grapadinews.co.id – Apa artinya hidup bila tanpa uang? Meski terdengar begitu materalistis, namun secara logika semua hal di dunia ini ada karena uang. Bila tanpa benda tersebut, Anda tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari mulai dari pergi ke kantor, olahraga, makan, hingga menjalankan hobi.

Pengaruh uang bagi kehidupan membawa manusia pada beragam macam kehidupan. Ada yang memilih hidup hemat, penuh perencanaan hingga penuh dengan harta kekayaan. Tapi tahukah Anda bila memanajamen keuangan adalah hal yang sangat penting?

Gunanya yakni agar jalannya pengeluaran bisa diminamalisir, sementara pamasukan dimaksimalkan. Akan lebih baik bila keduanya saling berimbang, sehingga persediaan uang yang dimiliki bisa digunakan untuk berinvestasi jangka panjang. Jika demikian maka kehidupan akan lebih terjamin.

Memiliki rencana pengelolaan uang dengan baik merupakan hal yang baik untuk mereka yang menginginkan urusan finansial berjalan secara teratur. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang keuangan pun akhirnya muncul untuk menawarkan solusi tepat, mulai dari menabung, tawaran pinjaman, investasi jangka panjang, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi hanya dengan memanfaatkan perusahaan finansial saja tidak cukup. Untuk itu semua dibutuhkan pemahaman dan komitmen agar kegiatan mengelola bisa berlangsung hingga kapanpun. Berikut ini merupakan 10 cara manajemen keuangan pribadi untuk kehidupan lebih baik!

Buat anggaran

Sumber: majalahkartini.co.id

Membuat dan menetapkan anggaran mungkin merupakan hal yang sulit awalnya. Tetapi langkah ini pada akhirnya akan membuahkan hasil. Penganggaran membantu melihat dengan jelas dan menciptakan transparansi pada situasi keuangan.

Ini adalah langkah pertama jika Anda ingin melunasi hutang dan mulai menabung untuk berbagai barang impian. Melalui penganggaran juga akan didapat keseimbangan kondisi finansial serta memberikan ketenangan pada pikiran.

Ketahui pengeluaran

Sumber: majalahkartini.co.id

Bila Anda hanya sekadar menghabiskan uang tanpa tahu kemana alurnya, maka percuma saja. Sebagian orang sebenarnya tidak tahu total pengeluaran yang mereka keluarkan setiap bulannya. Tentu saja ini adalah masalah bagi keuangan Anda. Tapi tenang, ada solusi untuk memanajemen itu semua.

Selama satu bulan catat semua pengeluaran. Kumpulkan kwitansi pembayaran, termasuk laporan bank. Ingatlah untuk selalu melacak biaya yang dibayar baik tunai maupun kredit. Dari semua yang telah dikeluarkan akan diketahui totalnya.

Dari sana Anda akan melihat keseluruhan detail pengeluaran setiap harinya. Maka nanti akan lebih tahu bagaimana mengelola biaya keluar. Di samping itu, cara ini juga memungkinkan untuk membandingkan data keuangan dari waktu ke waktu.

Pahami penghasilan

Sumber: kilasdaerah.kompas.com

Kebanyakan orang tahu pendapatan namun mereka memiliki sedikit pengetahuan soal pengeluaran selama satu bulan penuh. Keuangan yang sehat adalah dimana income berimbang atau lebih besar dari expense. Maka dari itu, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

Pertama, jika angka pemasukan negatif artinya pengeluaran lebih banyak. Lantas tindakan yang harus diambil yakni dengan mengurangi pengeluaran atau bahkan hingga mencapai nol.

Kedua jika total pemasukan positif, artinya pengeluaran lebih sedikit. Langkah selanjutnya yang harus diambil yaitu meningkatkan pembayaran hutang atau tabungan.

Setelah memahami konsep pengeluaran dan pemasukan di atas, kini Anda sudah memiliki pengetahuan soal keseimbangan finansial. Tujuannya yakni agar nanti dapat memilih serta mengambil keputusan terkait pengelolaan keuangan.

Konsolidasikan hutang

Sumber: kafebukubisnis.com

Hutang, kata yang paling ditakuti oleh banyak orang. Tidak ada yang menyukainya, namun justru nyatanya mereka membutuhkan itu dan terpaksa terlibat dalam kondisi demikian. Pada akhirnya semua yang masuk ke dalam dunia hutang ingin segera keluar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikan dan berusaha sebisa mungkin untuk menyingkirkan. Jika Anda memiliki hutang kartu kredit, pinjaman pelajar dan jenis hutang lainnya pastikan untuk tidak memilih yang berbunga.

Sekali lagi ini semua tentang mengambil langkah yang tepat untuk mengendalikan keuangan Anda. Ada beberapa opsi lain yang memungkinkan menggabungkan beberapa hutang, seperti kartu kredit, pinjaman pribadi dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu membayar satu per satu.

Pada beberapa hutang yang masih belum banyak dibayarkan karena merasa kebingungan, pastikan untuk mengangsur dengan jangka waktu yang teratur. Pastikan sikuls tersebut tetap setiap hari, minggu atau bulan agar lekas lunas.

Memangkas atau menghapus biaya yang tidak perlu

Sumber: economy.okezone.com

Apakah Anda penggemar kopi siap saji? Atau mungkin suka mencicipi kuliner unik di luar sana? Coba jumlahkan berapa banyak pengeluaran yang dihabiskan untuk itu semua selama satu bulan?

Pada intinya, meminimalisir pengeluaran dapat membantu kondisi keuangan jadi lebih stabil. Di sisi lain, terkadang Anda harus menghapus biaya yang tidak begitu penting demi menyeimbangkan finansial.

Tidak banyak yang sadar bila sebagian besar pengeluaran diakibatkan oleh hal-hal yang justru tidak begitu penting dan sifatnya hanya keingininan. Maka demi finansial yang sehat, rampingkan biaya yang tidak begitu dibutuhkan dan ganti dengan investasi atau menabung.

Rencanakan dana darurat

Sumber: parenting.co.id

Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di masa nanti. Sebab manusia tidak bisa memprediksi peristiwa di waktu yang akan datang. Dengan demikian, sebagai cara untuk berjaga-jaga agar nantinya tidak kebingungan mencari biaya penting sekali merencanakan keuangan darurat.

Pastikan Anda tidak menyentuh atau mengambil dana dari tabungan atau pemasukan untuk biaya tak terduga. Bisa saja nanti digunakan untuk memperbaiki mobil yang mogok, memperbaiki rumah yang bocor, sakit, dan masih banyak lagi lainnya.

Hemat 10 – 15 persen untuk masa tua

Sumber: investama.co.id

Masa tua memang masih jauh, namun waktu itu cepat sekali berlalu. Ketika itu Anda tidak akan lagi sanggup bekerja. Maka dari itu ada baiknya untuk menyishkan sebagian dana 10 hingga 15 persen dari gaji sekarang untuk investasi pensiunan.

Selain itu, perlu juga menentukan target tabungan setiap tahun agar tahu seberapa banyak dana yang harus disisihkan setiap bulan. Memimpikan kehidupan masa tua yang indah itu penting sekali agar tetap semangat berhemat demi hari yang menyenangkan.

Tinjau dan pahami laporan kredit

Sumber: www.moneysmart.id

Mengapa laporan kredit begitu penting? Hal tersebut berfungsi untuk menentukan seberapa layak Anda menerima pinjaman di masa yang akan datang.

Maka penting untuk meninjau dan memahami laporan kredit untuk memastikan semua informasi yang diperbarui dan mengidentifikasi kemungkinan kesalahan. Jika menginginkan skor kredit yang besar, pertahankan saldo credit card agar tetap rendah dan berusahalah untuk melunasi hutang daripada harus berpindah-pindah akun.

Gunakan aplikasi keuangan pribadi

Sumber: jasindo.co.id

Keuangan adalah hal yang sangat krusial dan rumit. Jika Anda menghitungnya secara manual terkadang ada detail-detail yang terlewatkan. Selain itu juga membutuhkan banyak waktu untuk meneliti setiap hal kecil dan keseluruhan.

Maka kini cobalah untuk mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi. Dewasan ini banyak tersedia aplikasi pengelola finansial yang menawarkan beragam fitur dan kemudahan. Contohnya seperti Quicken for Windows atau MoneyStandars yang memungkinkan Anda menkonsolidasikan, mengelola dan mengendalikan keuangan dengan aman.

Aplikasikan pengetahuan tentang manajemen keuangan

Sumber: smart-money.co

Pengetahuan adalah kekuatan. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi atau menajamen finansial, namun setidaknya Anda harus mempelajari secara otodidak.

Pengetahuan tentang keuangan akan memberikan gambaran tentang bagaimana cara mengelola dana dengan cara benar. Lebih-lebih jika Anda juga sering mengikuti kisah sukses yang menginspirasi, sehingga bisa menjadi motivasi dalam pengelolaan.

Di samping itu, ada baiknya mendengarkan nasehat serta pengetahuan dari para ahli, kemudian aplikasikan pada setiap pengelolaan keuangan. Kesimpulannya, serap informasi dengan baik, lantas praktikkan dan nikmati hasilnya.

Mampu mengelola keuangan secara efektif akan membuat hidup lebih lancar serta bebas stres. Segala sesuatunya jadi lebih terorganisir, sehingga Anda bisa menghemat waktu dan bersiap menghadapi hari menyenangkan di masa yang akan datang.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals